Whatsapp assisted mathematics online learning during the covid19 pandemic using a contexual approach

Penulis

  • Rani Oktaviani IKIP Siliwangi

Kata Kunci:

Mathematics Online Learning; Contextual Approach

Abstrak

This study aims to describe the results of online mathematics learning using a contextual approach during the pandemic covid 19. The media used to support learning is using the whatsapp application. The subjects of this study were students of class VIII C in one of the junior high schools in West Bandung Regency, which amounts to 25 students. The data collection technique was carried out by learning using a contextual approach in accordance with the steps in which it provided a teacher observation sheet which was assessed by the observer. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The results of theassessment of learning get a percentage (85%) with very good qualifications.

Referensi

Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di mi/sd (studi kbm berbasis daring bagi guru dan siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa smk dengan pendekatan kontekstual melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197.

Kamilah, A., Mugara, R., & Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran daring membaca permulaan siswa kelas i sd menggunakan model contextual teaching and learning berbantuan kartu kata. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, IV(1), 218–226.

Melasevix, E., Asnawi, H. A., Alami, J. J. N., Masynuah, I. H., Putra, R. A. N., & Darmadi, D. (2021). Penerapan Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di MTs Ma’arif Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 117–121.

Mukarromah, N. (2014). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media audio visual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–9.

Nasriadi, A. (2015). Penerapan pembelajaran kontekstual pada materi teorema phytagoras untuk siswa kelas VIII MTSS Durian kawan aceh selatan. 2(1), 61–69.

Nizarwati, N., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2013). Pengembangan Perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme untuk mengajarkan konsep perbandingan trigonometri siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Panjaitan, D. J. (2016). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning ( Ctl ) untuk meningkatkan hasil belajar statistika. Jurnal Pendidikan Mipa, 1(1), 1–10.

Prastitasari, H. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional, 5(1), 83–88.

Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi pembelajaran worksheet berbasis ict untuk peningkatan kemampuan high order mathematical thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57.

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi edpuzzle berbantuan whatsapp group sebagai alternatif pembelajaran daring pada era pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 67–72.

Sustiningsih, S. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual melalui zoom cloud meeting untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 236–241.

Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.

Diterbitkan

2023-03-30