Pengaruh pendekatan open-ended pada materi barisan dan deret pada siswa SMK
Keywords:
Pendekatan Open-Ended, Barisan dan DeretAbstract
Artikel ini mengkaji bagaimana pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open ended. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan dilakukan langsung oleh peneliti yaitu dengan tes tertulis, dengan adanya tes tertulis tersebut karena peneliti ingin mengkaji bagaimana kemampuan siswa SMK dalam menyelesaikan soal barisan daret dengan diterapkannya sebuah pendekatan Open Ended. Dalam matematika, pendekatan open ended merupakan salah satu tujuan utama dari belajar matematika disamping tujuan yang lainnya. Dengan pendekatan open ended diharapkan siswa mampu dalam proses pembelajarannya sesuai dengan keinginan siswa dan dibangun secara terbuka dengan kemampuannya secara masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, bahwa siswa SMK kelas XII masih tergolong rendah, dikarenakan siswa cenderung masih belum mampu mengaplikaskan rumus dan kelupaan siswapun sering terjadi terhadap penggunaan rumus-rumus barsan dan deret.
References
Aripin, U. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa SMP melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120-127.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Anggoro, B. S. (2016). Analisis persepsi siswa SMP terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari perbedaan gender dan disposisi berpikir kreatif matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 153-166.
Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses berpikir siswa smp dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505-512.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Haerini, R., Fauzan, G. A., & Bernard, M. (2019). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP di era teknologi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 229-236.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62-75.
Purboningsih, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan guided discovery pada materi barisan dan deret untuk siswa SMK kelas X. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
MZ, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15-31.
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa melalui penerapan lembar aktivitas mahasiswa (LAM) berbasis teori APOS pada materi turunan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(01).
Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2019). Gender dan resiliensi matematis siswa SMP dalam pembelajaran scientific berbantuan VBA excel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 28-37.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.
Rahmawati, A. 2016. Penerapan pendekatan realitas untuk meningkatkan penalaran dan berpikir kreatif serta minat belajar matematika siswa SD. Tesis pada sekolah pascasarjana STKIP Siliwangi bandung: tidak diterbitkan.